Featured Post

TEMAN. MUNGKIN SIMPLE TAPI MAKNANYA MENDALAM. PERCAYALAH ITU.

Assalamu’alaikum wr wb Hi guys apa kabar semua? Gua harap kabar kalian akan baik-baik saja setelah kita seminggu lebih lamanya merasakan pe...

Thursday, October 24, 2013

Contoh kata pengantar



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat,rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan kliping SENI BUDAYA yang dengan tepat waktu.
Kliping SENI BUDAYA ini dibuat dengan bertujuan untuk menambah nilai SENI BUDAYA dan menambah wawasan kita. Kliping ini menyimpan pengetahuan yang bernilai edukatif.
          Kami menyadari kliping SENI BUDAYA ini masih ada kekurangannya,maka dari itu saran dan kritik kami harapkan dari pembaca kliping ini. Dan kami berharap semoga kliping ini bermanpaat  bagi pembacanya.

Sentolo,    Oktober 2013


  Penyusun

Wednesday, September 4, 2013

Contoh Tugas Mendengarkan Berita Bahasa Jawa



TUGAS BAHASA JAWA
Nama : Dwiyanto
Kelas : X MA 3
Absen : 6

Namaning acara : Kanal 22                                         Tanggal kagiyaraken : 7 Agustus 2013
Sumber pawarta : TVRI JOGJA                                 Wekdalipun : 16.30
1.     
 Asiling transkip pawartos ingkang kapireng :
Kangem nambah kagiyatan Polres Klaten wonten wusananing wulan suci Ramadhan, antawis saminggu kapungkur saderengipun umat Islam nggayuh wulan fitri inggih menika wulan Syawal utawi dinten Ariyadi punika, anggota-anggota Polres Klaten mbagekaken sembako ingkang arupi bahan kabutuhan sadinten-dinten kadosta uwos, gendhis, lan sapanunggalanipun kanthi gratis dhumateng para tukang becak. Pambagian punika dipun adani dening Kapolresipun piyambak. Panjenenganipun kagungan pangajab kanthi wonten kagiyatan punika, Polres Klaten saged mbiyantu kabutuhan para tukang becak wonten ing wusananing wulan suci Ramadhan ingkang katingal linangkung kathah bilih dibandingaken dinten saliyanipun. Saliyanipun punika, panjenengan inggih matur bilih kagiyatan punika inggih nggadhahi tujuan kagem nyebar kabagyan dhumateng para tukang becak kaliyan rasa matur nuwun saking jajaran Polres Klaten dhumateng para tukang amargi para tukang becak sampun mbiyantu jajaran Polres Klaten nertibaken lalu lintas. Para tukang becak rumaos remen kaliyan bagya amargi sampun dipunparingi rejeki saking Kang Maha Kuwaos lewat Polres Klaten. Para tukang becak inggih bingah awit bantuanipun saking Polres Klaten ingkang saged mbiyantu kabutuhan sadinten-dinten para tukang becak .
2.      a.   Apa kang dipunwartakaken ?
      Ingkang dipunwartakaekn inggih punika Polres Klaten ingkang mbagekaken sembako gratis dhumateng para tukang becak.
b.  Sinten ingkang dipunwartakaken ?
      Ingkang dipunwartakaken inggih punika Polres Klaten.
c.   Kapan bab wau dipunwartakaken dumadi ?
      Bab wau dipunwartakaken dumadi saminggu saderengipun dinten ariyaden 1434 H.
d.  Wonten ing pundi bab ingkang dipunwartakaken dumadi ?
     Bab ingkang dipunwartakaken dumadi wonten ing tlatah Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah.
e.  Apa kang njalaraken bab wau dipunwartakaken ?
     Ingkang njalaraken bab wau dipunwartakaken inggih punika amargi kagiyatan ingkang dipun lampahi Polres Klaten kanthi mbagekaken sembako gratis dhumateng para tukang becak punika kabilang kagiyatan ingkang sarat manfaatipun kaliyan kagiyatan ingkang sae kaliyan ingkang nyerminaken kagiyatan bantu-ambiyantu. Kajaba punika, kagiyatan punika dipun lampahi amargi kangge nambahi kagiyatanipun Polres Klaten, mbiyantu kabutuhan para tukang becak wonten ing wusananing wulan Ramadhan, kaliyan kagem caos rasa matur nuwun kagem para tukang becak saking jajaran Polres Klaten amargi jasanipun para tukang becak ingkang sampun mbiyantu Polres Klaten wonten ing masalah katertiban lalu lintas.
f.  Kepripun bab ingkang dipunwartakaken sabanjuripun ?
    Bab ingkang dipunwartakaken sabanjuripun inggih menika para tukang becak ngraosaken remen kaliyan bagya awit bantuanipun saking Polres Klaten ingkang saged mbiyantu kabutuhan sadinten-dinten para tukang becak .

Friday, February 8, 2013

ANALISIS CERPEN ORANG-ORANG BLOOMINGTON

Nama   :   Dwiyanto
Kelas   :   IX D
Absen :   08

LAPORAN HASIL ANALISIS CERPEN DALAM SATU BUKU KUMPULAN CERPEN

DATA BUKU
Judul buku                  :   Orang-Orang Bloomington
Pengarang                   :   Budi Darma
Penerbit                       :   Sinar Harapan
Tahun terbit                 :   1980
Jumlah cerpen             :   7 buah
Jumlah halaman           :   188 halaman

HASIL ANALISIS
1.      ”Laki-Laki Tua Tanpa Nama“
1.1  Tema   : Sesuatu yang menarik perhatian
Alasan : Karena di dalam cerpen ini menceritakan tokoh saya yang selalu penasaran dengan laki-laki tua yang selalu manarik perhatiannya.

1.2   Latar
1.2.1        Latar tempat
§      Cincinati
Bukti : Begitu juga ketika suaminya meninggal karena kecelakaan mobil di Cincinati,....(hal 1)
§      Dunn Meadow
Bukti : Waktu dapat saya gunakan untuk kuliah, ke perpustakaan, jalan-jalan, masak, dan sekali tempo melamun di Dann Meadow,.....(hal 8)
§      Fess
Bukti : ... tidak ada satu pun yang tinggal di Fess ...(hal 2)
§      Marsh
Bukti : Ketiga janda ini kadang-kadang berbelanja di Marsh. (hal 4)
§      Loteng Nyonya Casper
Bukti : ... terjadi perubahan di loteng Nyonya     Casper. (hal 6)
§      Commons
Bukti : ... tapi makan siang di Commons. (hal 14)
§      Ruang kamar kecil
Bukti : Dalam waktu singkat saya mencapai ruang kamar kecil. (hal 15)
§       Tengah jalan
Bukti : .... dia menodongkan pestolnya di tengah jalan. (hal 16)
§      Rumah sakit
Bukti : Mungkin saya setengah pingsan beberapa saat setelah saya tiba di rumah sakit. (hal 17)
§      Depan rumah Nyonya Macmillan
Bukti : ... menurunkan saya di depan rumah Nyonya Macmillan, ... (hal 18)
1.2.2        Latar waktu
§      Musim panas
Bukti : Selama musim panas saya tidak mengalami kesulitan. (hal 2)
§      Malam hari
Bukti : ... malam itu saya menelepon Ny. Casper. (hal 4)
§      Pagi hari
Bukti : ... esok paginya saya berjalan ke Marsh. (hal 6)
§      Hari Rabu
Bukti : Pada hari Rabu, semenjak pagi saya berusaha mengawasi rumah Ny. Casper.... (hal 10)
§      Siang hari
Bukti : Siang itu laki-laki tua di loteng Ny. Casper tidak membuka jendela. (hal 11)
§      Musim gugur
Bukti : .. masa berakhirnya semester gugur ini. (hal 13)
1.2.3        Latar suasana
§      Hujan
Bukti : Akhirnya pada suatu malam hujan saya menelepon Ny. Nolan,.... (hal 4)
§      Gerimis
Bukti : Pada suatu malam gerimis, terjadi perubahan di loteng Ny. Casper. (hal 6)
§      Keraguan
Bukti : Setelah agak lama ragu-ragu, malam itu saya menelepon Ny. Casper. (hal 7)
§      Sepi dan gelap
Bukti : Seperti Fess, daerah ini juga sepi dan gelap. (hal 13)
1.3  Penokohan
Ø  Nyonya Nolan
·         Kasar
Bukti : ... Ny. Nolan menjanda karena tabiatnya sendiri yang kasar. (hal 1)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Kejam
Bukti : Bukan hanya kepandaian Ny. Nolan melempar yang mengagumkan, tapi juga tenaganya yang luar biasa yang sanggup mancabut nyawa dan melukai sekian banyak binatang. (hal 3)
Digambarkan secara : dramatik  (tindakan tokoh)
·         Berani melanggar hukum
Bukti : Perbuatannya ini tentu saja dapat dihukum, tapi saya heran mengapa tidak pernah sembunyi-sembunyi pada waktu melempar. (hal 3)
Digambarkan secara : dramatik (tokoh lain)
·         Berang
Bukti : Ternyata dia bukan hanya heran, tapi juga berang. (hal 6)
Digambarkan secara : analitik
Ø  Nyonya Casper
·         Tidak peduli
Bukti : Dia tidak begitu peduli pada suaminya,.. (hal 1)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Tegas
Bukti : Atas pertanyaan ini Ny. Casper menjawab tegas. (hal 9)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
Ø  Nyonya Macmillan
·         Menjaga rahasia
Bukti : Karena tidak menceritakan hal-ikhwal sendiri, saya tidak tahu mengapa Ny. Macmillan tidak mempunyai suami. (hal 1)
Digambarkan secara : dramatik (tokoh lain)
Ø  Penilik toko
·         Tidak ramah
Bukti : ... pemilik toko ini tidak ramah, dan hanya berbicara seperlunya. (hal 4)
Digambarkan secara : analitik
Ø  Saya
·         Sabar menunggu
Bukti : Saya tunggu sanpai lama, lampu tetap tidak menyala. (hal 9)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)

1.4  Nilai kehidupan :
[  Sifat kasar akan membuat diri kita dijauhi orang lain.
[  Mengambil keputusan dengan buru-buru akn menghsilkan keputusan yang tidak baik.
[  Kesabaran akan membawa hasil yang baik.
[  Menuduh seseorang harus dilengkapi bukti yang jelas dan nyata.
[  Putus asa tidak akan membawa hasil apa-apa.
[  Menyesuaikan diri itu penting saat kita hidup di lingkungan baru.

2.      ”Joshua Karabish“
2.1  Tema   : Persahabatan
Alasan : Karena di dalam cerpen ini menceritakan tokoh saya yang memiliki sahabat baru, dan dia merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadapnya ketka ia masih hidup maupun setelah matinya.

2.2   Latar
2.2.1        Latar tempat
§      Kamar saya
Bukti : ... lalu menginap di kamar saya. (hal 2)
§      Loteng
Bukti : ... karena saya dan Joshua tinggal di loteng .... (hal 25)
§      Beaver Falls, Pensylvania
Bukti : ... Joshua kembali menggabung ibunya di Beaver Falls, Pensylvania .... (hal 26)
§      Kantor dokter White
Bukti : Pemeriksaan di kantor dokter White rasanya berjalan lambat sekali. (hal 33)
§      Hotel Carmen, Elletsville
Bukti : ... dan menginap satu malam di Hotel Carmen di Elletsville. (hal 34)
§      Indianapolis
Bukti : ... sampai akhirnya saya mengunjungi seorang dokter di Indianapolis. (hal 34)

2.2.2        Latar waktu
§      Malam menjelang fajar
Bukti : “Memang saya sudah lama sakit,” katanya pada suatu malam menjelang fajar,... (hal 24)
§      Malam hari
Bukti : Pada suatu malam saya terbangun.... (hal 30)
§      Pagi hari
Bukti : Esok harinya rasa sakit ini amblas.... (hal 31)
§      Selasa malam
Bukti : Selasa malam sama sekali saya tidak bisa tidur. (hal 33)
§      Siang hari
Bukti : ... tapi juga pada waktu siang. (hal 33)
§      Malam tahun baru
Bukti : Pada malam tahun baru sedikit pun saya tidak bisa memincingkan mata. (hal 38)
2.2.3        Latar suasana :
§      Ketakutan
Bukti : saya menggigil. (hal 31)
§      Gelisah dan takut
Bukti : Saya gelisah dan takut. (hal 38)
§      Kegirangan
Bukti : Saya girang. (hal 39)
2.3  Penokohan :
Ø  Ibu Joshua
·         Rendah hati
Bukti : ... setelah menyatakan dengan segala kerendahan hati bahwa Joshua hanyalah seorang yang bodoh dan gagal, ibunya meminta maaf kepada saya, ... (hal 21)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
Ø  Saya
·         Tidak tegaan
Bukti : Saya tidak sampai hati untuk menolaknya. (hal 22)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Pengertian
Bukti : “... tapi saya yakin tidak ada seorang pun yang mau mengerti saya kecuali kau.” (hal 24)
Perkataan dari Joshua tersebut dapat menjelaskan bahwa watak tokoh saya adalah pengertian. Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh lain)
·         Dapat dipercaya
Bukti : ... Ny. Seifert percaya bahwa saya menjaga kebersihan loteng ... (hal 25)
Digambarkan secara : dramatik (tokoh lain)
·         Tenggang rasa
Bukti : Kalau memang Ny. Seifert betul, kasihan ibu Joshua, pikir saya. (hal 30)
Digambarkan secara : dramatik (jalan pikiran tokoh)
·         Tanggung jawab
Bukti : ... biarlah saya yang memikul tanggung jawab itu. (hal 37)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
Ø  Teman se-apartemen Joshua
·         Kasar
Bukti : Mereka semua kasar. (hal 22)
Terlihat dari tindakan mereka yang liar.
Digambarkan secara : analitik
Ø  Cathy
·         Suka membantu
Bukti : ... ibunya sering mendapat bantuan dari Cathy.... (cerita Joshua) (hal 26)
Digambarkan secara : dramatik (tokoh lain)
Ø  Joshua
·         Bodoh
Bukti : ...bahwa Joshua hanyalah seorang yang bodoh .... (hal 21)
Digambarkan secara : analitik
·         Menyukai karya sastra
Bukti : ... dia juga sering bercerita mengenai kesenangannya mambaca puisi dan menulis sajak. (hal 22)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Jujur
Bukti : Pengakuan Joshua ini tidaklah dilebih-lebihan. (hal 23)
Digambarkan secara : analitik
·         Halus dan lembut
Bukti : ... Joshua adalah seorang yang lembut, halus,... (hal 23)
Digambarkan secara : analitik
Ø  Ny. Seifert
·         Tegas
Bukti : ... Ny. Seifert berkata : “Sekali lagi saya tegaskan, anak muda, ...” (hal 39)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
·         Jujur
Bukti : Tentunya Ny. Seifert benar. (hal 34)
Digambarkan secara : analitik
·         Toleran
Bukti : ... Ny. Seifert mengaku terus terang bahwa selama ini Joshua menunggak sewa kamar. “ Saya tidak sampai hati untuk mengahnya,...” (hal 28)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)

2.4  Nilai kehidupan :
[ Memandang orang lain tidak dari kekurangannya.
[ Jujur pada diri sendiri dan orang lain akan membuat kita tenang.
[ Jika  kita mempunyai kesalahan kepada orang lain kita perlu untuk meminta maaf kepadanya.
[ Bersabar dalam menghadapi cobaan hidup.
[ Berusaha itu perlu untuk mendapatkan hasil.
[ Sikap bertanggung jawab atas segala perbuatan kita itu perlu.

3.      ”Keluarga M“
3.1  Tema   : Perasaan dendam dalam kesendirian
Alasan : Karena di dalam cerpen ini menceritakan tokoh saya tinggal sendiri di apartemen yang ramai dan ia menyimpan dendam terhadap anak orang lain yang menjailinya.
3.2   Latar
3.2.1        Latar tempat :
§    Gedung raksasa
Bukti : Sudah lama saya tinggal di gedung raksasa .. (hal 41)
§    Apartemen tingkat delapan
Bukti : ... saya lihat dari jendela apartemen saya di tingkat delapan. (hal 41)
§    Lapangan bermain
Bukti : ... melihat anak-anak menghabiskan waktunya di lapangan bermain .... (hal 41)
§    Pantat mobil
Bukti : ... kadang-kadang saya berjongkok. Bersembunyi di patant mobil orang lain. (hal 42)
§    Sebelah utara gedung
Bukti : Saya pun sering mengamat-amati anak-anak bermain-main di sebelah utara gedung. (hal 42)
§    Lapangan parkir
Bukti : ... ketika saya berjalan di lapangan parkir. (hal 44)
§    Gedung bioskop
Bukti : Lalu saya nonton bioskop. (hal 54)
§    Lobby
Bukti : Beberapa anak umur belasan tahun main lempar-lemparan bola di Lobby. (hal 54)
§    Indianapolis, Indiana
Bukti : Pada suatu malam televisi memancarkan berita mangenai pembukaan pusat pembelanjaan baru di Indianapolis, Indiana. (hal 60)
§    Carolina Barat
Bukti : ... saya tahu bahwa Melvin mendapat pekerjaan yang jauh lebih baik di salah satu kota kecil di Carolina Barat. (hal 61)

3.2.2        Latar waktu
§      Sore hari
Bukti : Pada suatu sore, melalui jendela saya melihat lagi si abang berkelahi dengan anak lain,... (hal 43)
§      Sekitar  jam lima sore
Bukti : Pada suatu sore, sekitar jam lima, saya terpaksa pergi ... (hal 44)
§      Malam hari
Bukti : Ketika malam itu saya melabrak Melvin Meek... (hal 45)
§      Siang hari
Bukti : Dan siang ini ada seorang anak laki-laki umur dua setengah tahun luka tangannya karena pecahan botol. (hal 53)
§      Pagi hari
Bukti : Keeesokkan harinya keadaan juga biasa-biasa saja. (hal 55)
§      Menjelang jam tiga siang
Bukti : ... saya pulang menjelang jam tiga siang... (hal 55)
§      Awal musim semi
Bukti : ... musim semi perlahan-lahan menggusur musim salju. (hal 57)

3.2.3        Latar suasana
§    Bising
Bukti : ... dengan demikian lalu lintas bising .... (hal 41)
§    Gaduh
Bukti : ... dan ada juga yang jengkel karena di sini terlallu banyak anak, dan karena itu suasana menjadi gaduh, ... (hal 41)
§    Gembira
Bukti : Saya gembira melihatnya. (hal 51)
§    Penasaran
Bukti :Sore itu saya merasa penasaran. (hal 53)
§    Gelap
Bukti : Ketika hari sudah gelap, saya berjalan mengitari.... (hal 54)
§    Ketakutan
Bukti : ... si anak lari sendirian sambil menangis ketakutan. (hal 54)
§    Panik
Bukti : ... bahwa si orang tua anak panik sekali, ... (hal 55)
§    Ramai
Bukti : ... menjelang liburan Thanksgiving lapangan parkir selalu ramai .... (hal 55)
§     Kesepian
Bukti : Saya kesepian. (hal 56)

3.3 Penokohan :
Ø  Saya
·         Realistis
Bukti : Bahwa mereka repot karena anak mereka, kan semua ini akibat mereka mempunyai anak. (hal 41) Digambarkan secara : dramatik (jalan pikiran tokoh)
·         Pendendam
Bukti : Semenjak saat itu, setiap saya melihat Mark dan Martin bermain-main, ingin rasanya saya memiliki senapan, menembak kaki dan tangan mereka,... (hal 46) Digambarkan secara : dramatik (jalan pikiran tokoh)
·         Selalu berusaha
Bukti : Dan usaha saya untuk mengenal mereka selalu gagal. Juga usaha saya untuk mengetahui di aparteman mana mereka tinggal juga gagal. (hal 43)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Pemarah
Bukti : Dengan perasaan murka saya turun. (hal 54) Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Berjiwa busuk dan pengecut
Bukti : ... akibat perbuatan seseorang yang berjiwa busuk dan pengecut. (hal 55)
Digambarkan secara : analitik
·         Mudah tersentuh
Bukti : Entah mengapa, mata saya berkaca-kaca. (hal 58) Digambarkan secara : dramatik (penampilan fisik)
Ø  Si abang (Mark)
·         Pembela
Bukti : Si abang membela si adik. (hal 44)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Penyayang
Bukti : Kemudian si abang menggendong si adik masuk ke gedung. (hal 44)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Selalu mengalah
Bukti : ... si abang selalu mempersilakan si adik untuk main lebih dahulu. (hal 44)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Agresif
Bukti : ... sedangkan si abang agresif. (hal 44) Digambarkan secara : analitik
·         Jujur
Bukti : “Mark bilang bahwa kamulah yang meludah.” (hal 48)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
·         Berani
Bukti : Atas labrakan ini si abang tidak nampak gentar. (hal 50)
Digambarkan secara : analitik
·         Pantang menyerah
Bukti : Berkali-kali Mark akan jatuh, tapi dia berusaha berjalan tegap lagi. (hal 58)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
Ø  Si adik (Martin)
·         Senang memonopoli maianan anak lain
Bukti : Si adik suka memonopoli mainan yang dipinjamkan kepadanya,... (hal 44)
Digambarkan secara : analitik
·         Tidak mau merepotkan
Alasan : Karena saat ditawari bantuan oleh tokoh saya, dia menolaknya.
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
Ø  Melvin dan Marion
·         Pendidik yang baik
Alasan : Karena keduanya selalu mendidik agar Mark dan Martin tidak berbohong.
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Rajin dan rukun
Alasan : Karena mereka tidak pernah bertengkar dan selalu bersama-sama kemanapun.
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
3.3  Nilai kehidupan :
[  Perasaan dendam tidak akan membuat kita tenang.
[  Cita-cita yang tidak baik tidak perlu diwujudkan.
[  Tidak mengeluh adalah sifat bijak dalam menghadapi cobaan hidup.
[  Putus asa tidak mendatangkan apa-apa.
[  Tidak menyepelekan hal-hal kecil.

4.      ”Orez“
4.1  Tema   : Kepercayaan terhadap kearifan lokal.
Alasan : Karena di dalam cerpen ini menceritakan tokoh saya dan Hester yang mulanya takut akan prasangka bahwa anak mereka akan cacat sama dengan saudara-saudara Hester lainnya.
4.2   Latar
4.2.1        Latar tempat
§    Ruang tamu
Bukti : ... Hester masuk ruangan tamu mengantarkan kopi,... (hal 65)
§    Jalan Fess
Bukti : Bau pohon dan rumput di sepanjang jalan Fess memperkuat nafsu saya. (hal 65)
§    Sungai Yordan
Bukti : Saya pandangi sungai iru, dan alangkah aneh warna airnya. (hal 65)
§    Pinggiran kota
Bukti : Mobilnya,..... saya buang ke tempat pembuangan mobil di pinggiran kota. (hal 67)
§    St. Louis, Missouri
Bukti : ... mengirimkannya ke kantor asuransi di St. Louis, missouri. (hal 68)
§    Kamar mandi
Bukti : Akhirnya Hester sering mengunci diri dalam kamar mandi sampai lama. (hal 71)
§    Lapangan Runput Dunn
Bukti : ... sekelompok anak kecil yang sedang main base-ball di Lapangan Runput Dunn. (hal 72)
§    Ruang bersalin darurat
Bukti :Dan begitu Hester ditelentangkan di ruang bersalin darurat, Orez lahir.  (hal 77)
§    Apartemen Gourley Pike
Bukti : ... lebih kurang satu minggu setelah kami menetap di Apartemen Gourley Pike,... (hal 79)
§    Depan pintu
Bukti : Dengan kecepatan yang sulit dipercaya tiba-tiba dia sudah sampai di depan pintu,... (hal 79)
§    Bagasi mobil
Bukti : Dia mengaku bahwa dia sudah mengetahui di mana pedang itu saya simpan : bagasi mobil. (hal 80)
§    Di atas lantai
Bukti : Beberapa gelas dan piring berantakan di atas lantai. (hal 81)
§    Di dalam lift
Bukti : Akhirnya lift membuka. Di dalam sudah ada beberapa orang. (hal 82)
§    Di dalam mobil
Bukti : Pada waktu di dalam mobil dia minta pangku. (hal 82)
§    Tepi hutan
Bukti : Di sebuah tepi hutan Orez memerintahkan supaya mobil berhenti. (hal 83)
§    Sekitar lapangan
Bukti : Kemudian matanya mengitar memandangi pohon-pohonan tinggi di sekitar lapangan,... (hal 83)
§    Persimpangan  jalan
Bukti : Dekat persimpangan saya melihat bekas api,... (hal 84)
§    Lapangan parkir Gourley Pike
Bukti : Begitu tiba di lapangan parkir Gourley Pike, Orez meloncat ke luar,... (hal 85)
§    Trap dekat gerbang
Bukti : Di trap dekat gerbang dia berhenti. (hal 85)


4.2.2        Latar waktu :
§    Malam hari
Bukti : Malamnya dia menelepon, mengajukan permohonan maaf,... (hal 63)
§    Pagi hari
Bukti : Baru keesokan harinya saya tahu, ketika secara kebetulan saya membuka laci mejanya ... (hal 73)
§    Sore hari jam lima
Bukti : Pada suatu sore, menjelang jam lima, Hester mengatakan bahwa perutnya sakit. (hal 74)
§    Hari Sabtu
Bukti : ... karena hari ini Sabtu, saat mereka libur. (hal 81)

4.2.3        Latar suasana
§    Terkejut dan ketakutan
Bukti : ... tapi terkejut dan ketakutan ketika saya jatuhkan putusan saya untuk mengawininya. (hal 63)
§    Khawatir
Bukti : Dia khawatir jangan-jangan Hester mempunyai nasib yang sama dengan ibunya. (hal 64)
§    Ragu-ragu
Bukti : Tapi Hester sendiri tidak yakin. (hal 67)
§    Takut
Bukti : Saya tahu bahwa dia takut untuk memperbincangkannya,... (hal 68)
§    Gugup
Bukti : Setiap kali saya mendekatinya, dia menjadi gugup. (hal 80)
4.3  Penokohan :
Ø  Hester Price
·         Merendahkan diri
Bukti : Tapi, katanya, perempuan semacam dia tidak pantas umtuk menjadi istri say, ... (hal 63)
Digambarkan secara : dramatik (jalan pikiran tokoh)
·         Tahu diri
Bukti : ... tapi dia sendiri akhirnya malu karena sering berbuat kesalahan. (hal 68)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Pengertian
Bukti : Dia mengatakan, dia mengerti saya. (hal 70) Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
·         Tegas dan keras
Bukti : Dia mengeluarkan aba-aba lagi dengan lebih tegas dan keras. (hal 72)
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
·         Tanggung jawab
Bukti : “...saya mau mengoper tanggung jawabnya,” katanya. (hal 80)
Digambarkan secara : dramatik (ucapan tokoh)
·         Pandai
Bukti : ... anak ini mengagumi kepandaian ibunya membuatkan pakaian yang cocok untuk dia. (hal 81) Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
Ø  Saya
·         Tanggung jawab
Bukti : Dia yakin bahwa saya mempunyai perasaan tanggung jawab,... (hal 67)
Digambarkan secara : dramatik (tokoh lain)
·         Gigih
Bukti : Atas kegigihan saya menolak permohonannya dia menyatakan kecewa(hal 73).
Digambarkan secara : analitik
·         Mudah iba
Bukti : Saya merasa kasihan. (hal 80)
Digambarkan secara : analitik
·         Teguh dalam beriman
Bukti : ... juga atas keteguhan iman saya untuk tidak menceraikannya. (hal 71)
Digambarkan secara : analitik
Ø  Orez
·         Anak luar biasa (tidak normal)
Alasan : Karena tokoh Orez suka melakukan tindakan yang tidak bisa dilakukan anak usia lima tahun tiga bulan, seperti melompat dengan jarak yang sangat jauh. Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
Ø  Stevick Price
·         Suka memberi nasihat
Alasan : Karena tokoh Stevick Price selalu memberikan nasihat kepada calon mantunya.
Digambarkan secara : dramatik (tindakan tokoh)
4.4  Nilai kehidupan :
[ Menerima takdir dari Tuhan merupakan cerminan bahwa kita bersyukur kepada-Nya.
[ Tetap sabar dalam menghadapi hidup.
[ Bersikap ramah terhadap orang lain akan membuat kita disukai banyak orang.
[ Membantu orang dengan tulus dan ikhlas akan membuat kita tenang.
[ Tidak berprasangka buruk terhadap Tuhan.

5.      Kesimpulan :
a)    Tema                    : Tidak ada keterkaitan antar tema (tema tidak sama)
b)   Latar                     : Semua berlatar di luar negeri
c)    Penokohan           : Minoritas ada kesamaan
d)   Nilai kehidupan    : Hampir semuanya membahas mengenai kehidupan sosial (nilai kehidupan dalam berhubungan sesama manusia)