Featured Post

TEMAN. MUNGKIN SIMPLE TAPI MAKNANYA MENDALAM. PERCAYALAH ITU.

Assalamu’alaikum wr wb Hi guys apa kabar semua? Gua harap kabar kalian akan baik-baik saja setelah kita seminggu lebih lamanya merasakan pe...

Friday, December 4, 2015

CONTOH TUGAS MEMBUAT TEKS KHUTBAH JUMAT "MENJAGA KETAUHIDAN"

MENJAGA KETAUHIDAN
(Teks Khutbah Jumat)

Disusun guna memperoleh nilai tugas pada kegiatan praktik khutbah jumat kelas XI Semester Genap Sekolah Menengah Atas Negeri  1 Wates Kulon Progo

Nama : DWIYANTO
Kelas : XI MIA 2
Nomor : 17

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wates
2015
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.

Jama’ah  jumat rahimakumullah,
Mari kita sebagai sesama manusia, makhluk Allah yang diberi pikiran, akal sehat, dan hati nurani agar selalu berupaya untuk saling mengingatkan dalam hal ketakwaan kepada Allah swt dengan takwa yang sebenar-benarnya. Mari untuk saling mengingatkan agar selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Karena hanya dengan takwa itulah kita dapat selamat dunia akhirat, berikut adalah firman Allah swt dalam QS Yusuf ayat 90 :

Artinya : “ Sesungguhnya siapa saja yang bertakwa dan sabar, sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebajikan”
Begitulah firman Allah Yang Maha Mulia menjelaskan bahwa Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan ataupun mengabaikan pahala orang-orang yang berbuat kebajikan, orang-orang yang sabar maupun pahala orang-orang yang bertakwa pada Allah. Melainkan orang-orang yang bertakwa, sabar, dan berbuat kebajikan itu akan mendapat pahala yang besar di sisi Allah swt. Sungguh luar biasa.
Jama’ah  jumat rahimakumullah,
Dalam kesempatan yang mulia ini, saya akan menyampaikan sedikit materi mengenai menjaga ketauhidan kita. Ketauhidan kita merupakan hal yang sangat penting dalam mendasari keimanan kita karena ketauhidan itu adalah pemahaman kita tentang keesaan Allah, dimana tidak ada satupun zat yang setara dengan Dia. Berikut firman Allah dalam QS Al Ikhlas ayat 1-4 :
Artinya : “1. Katakanlah (Muhammad) : “Allah itu Maha Esa” 2. Allah adalah tempat memohon dan bergantung  3. Allah itu tidak mempunyai anak dan tidak diperanakkan 4. Tidak ada satupun zat yang setara dengan Dia.”
Sungguh luar biasa jamaah, Allah adalah Tuhan Semesta Alam yang tidak ada bandingannya. Dia Maha Pengasih, tidak ada satupun makhluk Allah yang maha pengasih.Dia Maha Perkasa, tidak ada satupun makhluk Allah yang maha perkasa seperti Allah, dan contoh lainnya. Sungguh Allah Maha Luarbiasa. Maha Esa. Selain itu pula Allah telah menyatakan bahwa Dia adalah tempat memohon dan bergantung karena tidak ada satupun makhluk  Allah yang dapat memberikan pertolongan dan kepastian seperti Allah.
Jama’ah  jumat rahimakumullah,
Allah swt telah berfirman dalam QS Ali Imran ayat 18-19 :

Artinya : “Allah yang telah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. Yang menjunjung keadilan, juga para Malaikat dan orang-orang yang mempunyai ilmu (menyatakan demikian). Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Perkasa dan juga Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama yang diridhai Allah di sisi-Nya hanyalah Islam. Orang-orang tidak akan berada dalam kesusahan setelah diturunkan Al Kitab kecuali setelah dating pengetahuan kepada mereka, karena mereka membenci apa yang ada pada mereka. Siapa saja orang yang tidak percaya kepada ayat-ayat Allah, sesungguhnya hisab Allah  cepat sekali.”
Di dalam ayat tersebut Allah sendiri telah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. Tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Dia, Dia yang maha perkasa, maha pengasih, dan maha penyayang. Sesungguhnya Allah telah menciptakan segala sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia, sebagai contohnya Allah menciptakan air, bumi, dan segala isinya untuk manusia. Berikut adalah firman Allah swt dalam QS Al Jatsiyah ayat 13 :

Artinya : “Dan Allah menyiapkan untuk kamu apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi semua sebagai rahmat dari Allah”
Karena itulah nista dan jelek sekali jika ada orang yang menyembah pada selain Allah swt, seperti menyembah pada matahari, pada bulan, pada bukit-bukit, gua,dan sebagainya. Juga tidak diperbolehkan manusia menyembah pada sesame manusia karena semua itu adalah sama-sama makhluk Allah, sama-sama diciptakan oleh Allah sehingga tidak ada zat yang patut disembah kecuali zat yang menciptakan semua itu yaitu Allah swt. Firman Allah swt dalam QS Al Hajj ayat 62 :

Artinya : “Oleh karena itu sesungguhnya hanya Allah Tuhan yang mempunyai hak disembah, sesungguhnya orang-orang yang menyembah selain Allah itulah orang yang tersesat, sesungguhnya Allah Maha Tinggi dan Maha besar”
Jama’ah  jumat rahimakumullah,
Begitulah Allah menjelaskan kepada manusia, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Dan orang yang menyembah selain Dia adalah golongan orang yang tersesat sangat jauh. Perilaku menyekutukan Allah tersebut disebut syirik. Syirik ada dua jenis :
Syirik besar yaitu syirik yang jelas dan terang-terangan menyembah selain Allah. Contohnya missal ada orang yang setiap harinya menyembah matahari, itulah syirik besar.
Syirik kecil yaitu syirik yang samara tau tidak jelas. Syirik ini didasari pada ibadah yang dilakukan bukan karena Allah. Contohnya misal ada orang yang menjalankan ibadah haji hanya karena ingin dipuji-puji oleh orang lain, itulah syirik kecil.
Dalam salah satu hadist riwayat Ahmad, Nabi pernah bersabda : “ Sesungguhnya yang aku khawatirkan sekali adalah syirik kecil (samar) yaitu riya’.”
Oleh karena itu kita harus selalu berhati-hati dalam beribadah, jangan sampai ada rasa ingin dipuji atau dieluh-eluhkan oleh orang lain, hal itu dapat menjadi sebab ibadah kita tidak diterima oleh Allah swt, karena niat kita telah bercampur dengan selain Allah. Firman Allah swt dalam QS An Nisa ayat 116  :

Artinya : “ Sesungguhnya Allah tidak memberikan ampunan terhadap orang yang menyekutukan Allah dan mengampuni dosa selain syirik kepada orang yang dikehendaki oleh Allah. Siapa saja yang menyekutukan Allah kepada apapun, sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.”
Jama’ah  jumat rahimakumullah,
Menurut ayat tersebut tindakan syirik, baik besar maupun kecil sama-sama besar dosanipun sehinnga tidak akan diampuni oleh Allah swt. Oleh karena itu jama’ah, pada akhirnya semoga kita diberikan kekuatan dan keimanan untuk menjaga ketauhidan kita agar tidak rusak oleh niat yang salah. Aamiin, aamiin Allahumma aamiin…









KHUTBAH II

Thursday, December 3, 2015

CONTOH TUGAS ANALISIS TEKS CERITA SEJARAH KURIKULUM 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA
Menganalisis Teks Cerita Sejarah
Kelompok : 1. Winner Abdillah Jaya Dina (04)
  2. Luthfi Nuraini (07)
3. Tika Widyaningrum (09)
4. Dwiyanto (21)
Kelas : XI MIA2
Teks Cerita Sejarah 1
Sejarah Berdirinya Kesultanan Yogyakarta
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
Kisah berdirinya Kerajaan Mataram Islam diawali dengan pemberian daerah kekuasaan (Alas Mentaok) dari Kesultanan Pajang (Sultan Hadiwijaya) terhadap Ki Ageng Pamanahan, setelah berhasil mengalahkan musuhnya, Aryo Penangsang. Kemudian, pada Tahun 1577, Ki Ageng Pamanahan membuat sebuah keraton di daerah Kota Gede sebagai pusat pemerintahan, hingga beliau wafat pada tahun 1584, sebagai pengikut setia Kasultanan Pajang. Setelah Ki Ageng Pamanahan mangkat, Kerajaan Mataram dilanjutkan oleh puteranya, yakni Danang Sutawijaya. Namun, Sutawijaya konon tidak mau tunduk dan patuh kepada Kesultanan Pajang.
Justru, Sutawijaya berniat menghancurkan Kesultanan Pajang untuk memperluas wilayah kekuasaan Mataram. Dalam versi lain, Sutawijaya semata-mata hanya ingin lepas dari dominasi Kesultanan Pajang. Akhirnya Sultan Pajang mengetahui niat tersebut dan memutuskan menyerang Mataram pada 1587. Namun, tanpa disangka, saat pasukan Kesultanan Pajang hendak menyerang Mataram, terkena dampak letusan Gunung Merapi, hingga akhirnya pasukan Kesultanan Pajang kewalahan (hancur). Dalam versi lain pula disebutkan, pasukan Kesultanan Pajang kalah saat melawan pasukan Sutawijaya dan Mataram. Setahun kemudian, Mataram menjadi sebuah kerajaan & Sutawijaya mentasbihkan diri sebagai Raja Mataram berdaulat dengan gelar Panembahan Senopati Senapati Ingalaga Sayidin Panatagama yang berarti Panglima Perang & Ulama Pengatur Kehidupan Beragama.
Mulai saat itu, Kerajaan Mataram berkembang pesat menjadi sebuah kerajaan yang besar dan menjadi penguasa Pulau Jawa yang besar dan disegani. Setelah mangkatnya Panembahan Senopati pada 1601, Raja Mataram selanjutnya digantikan oleh puteranya yang bernama Mas Jolang dikenal juga dengan gelar Panembahan Seda ing Krapyak. Setelah wafat pada 1613, Mas Jolang digantikan lagi oleh anaknya, yaitu Pangeran Arya Martapura dan dilanjutkan oleh kakaknya, yakni Raden Mas Rangsang yang juga lebih dikenal sebagai Prabu Pandita Hanyakrakusuma, dan bergelar Sultan Agung Senapati Ingalaga Abdurrahman. Pada masa Kekuasaan Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) inilah kerajaan Mataram berada pada puncak kejayaannya dan berkembang dengan sangat pesat di segala bidang.
Kerajaan Mataram semakin kuat dan makmur sampai akhirnya Sultan Agung dan digantikan oleh puteranya, yaitu Amangkurat I pada tahun 1645. Masa kejayaan Kerajaan Mataram akhirnya mengalami kemunduran. Kejadian-kejadian yang berbau konflik perebutan kekuasaan dari dalam maupun luar istana, akhirnya meruntuhkan Kerajaan Mataram. Situasi ini dimanfaatkan penjajah VOC (Belanda) untuk memecah belah kerajaan dengan adanya Perjanjian Giyanti, 13 Februari 1755. Perjanjian Giyanti ini memutuskan untuk membagi kekuasan Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Dalam perjanjian itu, juga menetapkan Pangeran Mangkubumi sebagai Sultan di Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I.
Sekitar satu bulan setelah Perjanjian Giyanti, Sri Sultan HB I yang pada saat itu tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang mendirikan sebuah keraton di pusat Kota Yogyakarta, yang kini menjadi pusat pemerintahan Kasultanan Yogyakarta. Pemerintah Hindia Belanda mengakui Kasultanan Yogyakarta sebagai kerajaan dengan hak mengatur rumah tangga sendiri. Semua itu dinyatakan di dalam kontrak politik. Kontrak politik terakhir Kasultanan Yogyakarta tercantum dalam Staatsblad 1941, No. 47. Lalu, apa yang dimaksud dengan Perjanjian Giyanti? Perjanjian Giyanti adalah kesepakatan antara Belanda, pihak Mataram (diwakili oleh Sunan Pakubuwono III), dan kelompok Pangeran Mangkubumi. Dalam perjanjian ini, Kelompok Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I tidak dilibatkan.
Dikisahkan pula, dalam perjanjian ini, Pangeran Mangkubumi memutar haluan menyeberang dari mendukung kelompok pemberontak, dan bergabung dengan kelompok pemegang legitimasi kekuasaan yang memerangi pemberontak, yaitu Pangeran Sambernyawa. (Sindonews)
Teks Cerita Sejarah 2
Sejarah Terbentuknya Menara Eiffel di Paris
Menara Eiffel bahas Perancis (Tour Eiffle ) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Struktur ini di bangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Baecelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, dan dalam hal ini hanya satu yang meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monomen kemenangan pertempuran itu.
Proses Pembuatan
Dibangun dalam rangka pekan Pameran Dunia dan perayaan Revolusi Perancis, menara dengan bendera berkibar di puncaknya diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Meskipun kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama dibangun, kerangka besi ini menjadi simbol kota Paris dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahun. Pemimpin Proyek : Tuan Gustave Eiffel dibantu oleh, antara lain, para insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.
Rencana proyek dimulai tahun 1884. Meskipun semua halangan di atas, pembanguan menara dimulai pada tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Telah direncanakan menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara Eiffel. Bahan yang digunakan : Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Tuan Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton. Tinggi : Dari tanah sampai tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel. Dimiliki oleh Pemerintah Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, “Société Nouvelle de l’Exploitation de la Tour Eiffel”, kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang manguasai olah raga alpinis dan akrobatis. Penerangan : “Gadis Besi” ini diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap sengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko.
Supaya membuat menara kelihatannya lebih hidup, 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara.Jumlah tangga : 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang olah raga. Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua dimana bisa ditemukan berbagai toko suvenir.
Hasil analisis teks cerita sejarah “Sejarah Berdirinya Kesultanan Yogyakarta”
Abstraksi teks cerita sejarah
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
Kisah berdirinya Kerajaan Mataram Islam diawali pemberian daerah kekuasaan (Alas Mentaok) oleh Sultan Hadiwijaya terhadap Ki Ageng Pamanahan, setelah berhasil mengalahkan Aryo Penangsang. Kemudian, pada Tahun 1577, Ki Ageng Pamanahan membuat sebuah keraton di daerah Kota Gede sebagai pusat pemerintahan, hingga beliau wafat pada tahun 1584. Setelah Ki Ageng Pamanahan mangkat, Kerajaan Mataram dilanjutkan oleh puteranya, yakni Danang Sutawijaya. Namun, Sutawijaya konon tidak mau tunduk dan patuh kepada Kesultanan Pajang.
Justru, Sutawijaya berniat menghancurkan Kesultanan Pajang untuk memperluas wilayah Mataram. Sutawijaya semata-mata hanya ingin lepas dari dominasi Kesultanan Pajang. Akhirnya Sultan Pajang mengetahui niat tersebut dan memutuskan menyerang Mataram pada 1587. Namun, saat pasukan Kesultanan Pajang hendak menyerang Mataram, terkena dampak letusan Gunung Merapi, hingga pasukan Kesultanan Pajang hancur. Dalam versi lain pula disebutkan, pasukan Kesultanan Pajang kalah saat melawan pasukan Sutawijaya. Setahun kemudian, Mataram menjadi sebuah kerajaan & Sutawijaya mentasbihkan diri sebagai Raja Mataram berdaulat dengan gelar Panembahan Senopati Senapati Ingalaga Sayidin.
Mulai saat itu, Kerajaan Mataram berkembang menjadi sebuah kerajaan yang besar dan menjadi penguasa Pulau Jawa yang besar dan disegani. Setelah mangkatnya Panembahan Senopati pada 1601, Raja Mataram selanjutnya digantikan oleh puteranya yang bernama Mas Jolang dikenal juga dengan gelar Panembahan Seda ing Krapyak. Setelah wafat pada 1613, Mas Jolang digantikan lagi oleh anaknya, yaitu Pangeran Arya Martapura dan dilanjutkan oleh kakaknya, yakni Raden Mas Rangsang yang juga lebih dikenal sebagai Prabu Pandita Hanyakrakusuma, dan bergelar Sultan Agung Senapati Ingalaga Abdurrahman. Pada masa Kekuasaan Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) inilah kerajaan Mataram berada pada puncak kejayaannya dan berkembang dengan sangat pesat di segala bidang.
Kerajaan Mataram semakin kuat sampai akhirnya Sultan Agung dan digantikan oleh puteranya, yaitu Amangkurat I pada tahun 1645. Masa kejayaan Kerajaan Mataram akhirnya mengalami kemunduran dan akhirnya meruntuhkan Kerajaan Mataram. Situasi ini dimanfaatkan penjajah VOC (Belanda) untuk memecah belah kerajaan dengan adanya Perjanjian Giyanti, 13 Februari 1755. Perjanjian Giyanti ini memutuskan untuk membagi kekuasan Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Dalam perjanjian itu, juga menetapkan Pangeran Mangkubumi sebagai Sultan di Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I.
Sekitar satu bulan setelah Perjanjian Giyanti, Sri Sultan HB I yang pada saat itu tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang mendirikan sebuah keraton di pusat Kota Yogyakarta, yang kini menjadi pusat pemerintahan Kasultanan Yogyakarta. Pemerintah Hindia Belanda mengakui Kasultanan Yogyakarta sebagai kerajaan dengan hak mengatur rumah tangga sendiri. Semua itu dinyatakan di dalam kontrak politik. Kontrak politik terakhir Kasultanan Yogyakarta tercantum dalam Staatsblad 1941, No. 47. Lalu, apa yang dimaksud dengan Perjanjian Giyanti? Perjanjian Giyanti adalah kesepakatan antara Belanda, pihak Mataram (diwakili oleh Sunan Pakubuwono III), dan kelompok Pangeran Mangkubumi. Dalam perjanjian ini, Kelompok Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I tidak dilibatkan.

Struktur teks cerita sejarah
Struktur Teks
Kalimat dalam Teks
Orientasi
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 1
Kisah berdirinya Kerajaan Mataram Islam diawali dengan pemberian daerah kekuasaan (Alas Mentaok) dari Kesultanan Pajang (Sultan Hadiwijaya) terhadap Ki Ageng Pamanahan, setelah berhasil mengalahkan musuhnya, Aryo Penangsang
Urutan peristiwa sejarah Tahap 2
Kemudian, pada tahun 1577, Ki Ageng Pamanahan membuat sebuah keraton di daerah Kota Gede sebagai pusat pemerintahan, hingga beliau wafat pada tahun 1584, sebagai pengikut setia Kasultanan Pajang.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 3
Setelah Ki Ageng Pamanahan mangkat, Kerajaan Mataram dilanjutkan oleh puteranya, yakni Danang Sutawijaya. Namun, Sutawijaya konon tidak mau tunduk dan patuh kepada Kesultanan Pajang
Urutan peristiwa sejarah Tahap 4
Justru, Sutawijaya berniat menghancurkan Kesultanan Pajang untuk memperluas wilayah kekuasaan Mataram. Dalam versi lain, Sutawijaya semata-mata hanya ingin lepas dari dominasi Kesultanan Pajang. Akhirnya Sultan Pajang mengetahui niat tersebut dan memutuskan menyerang Mataram pada 1587. Namun, tanpa disangka, saat pasukan Kesultanan Pajang hendak menyerang Mataram, terkena dampak letusan Gunung Merapi, hingga akhirnya pasukan Kesultanan Pajang kewalahan (hancur). Dalam versi lain pula disebutkan, pasukan Kesultanan Pajang kalah saat melawan pasukan Sutawijaya dan Mataram.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 5
Setahun kemudian, Mataram menjadi sebuah kerajaan & Sutawijaya mentasbihkan diri sebagai Raja Mataram berdaulat dengan gelar Panembahan Senopati Senapati Ingalaga Sayidin Panatagama yang berarti Panglima Perang dan Ulama Pengatur Kehidupan Beragama.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 6
Mulai saat itu, Kerajaan Mataram berkembang pesat menjadi sebuah kerajaan yang besar dan menjadi penguasa Pulau Jawa yang besar dan disegani. Setelah mangkatnya Panembahan Senopati pada 1601, Raja Mataram selanjutnya digantikan oleh puteranya yang bernama Mas Jolang dikenal juga dengan gelar Panembahan Seda ing Krapyak.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 7
Setelah wafat pada 1613, Mas Jolang digantikan lagi oleh anaknya, yaitu Pangeran Arya Martapura dan dilanjutkan oleh kakaknya, yakni Raden Mas Rangsang yang juga lebih dikenal sebagai Prabu Pandita Hanyakrakusuma, dan bergelar Sultan Agung Senapati Ingalaga Abdurrahman. Pada masa Kekuasaan Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) inilah kerajaan Mataram berada pada puncak kejayaannya dan berkembang dengan sangat pesat di segala bidang.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 8
Kerajaan Mataram semakin kuat dan makmur sampai akhirnya Sultan Agung dan digantikan oleh puteranya, yaitu Amangkurat I pada tahun 1645. Masa kejayaan Kerajaan Mataram akhirnya mengalami kemunduran. Kejadian-kejadian yang berbau konflik perebutan kekuasaan dari dalam maupun luar istana, akhirnya meruntuhkan Kerajaan Mataram. Situasi ini dimanfaatkan penjajah VOC (Belanda) untuk memecah belah kerajaan dengan adanya Perjanjian Giyanti, 13 Februari 1755. Perjanjian Giyanti ini memutuskan untuk membagi kekuasan Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Dalam perjanjian itu, juga menetapkan Pangeran Mangkubumi sebagai Sultan di Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 9
Sekitar satu bulan setelah Perjanjian Giyanti, Sri Sultan HB I yang pada saat itu tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang mendirikan sebuah keraton di pusat Kota Yogyakarta, yang kini menjadi pusat pemerintahan Kasultanan Yogyakarta. Pemerintah Hindia Belanda mengakui Kasultanan Yogyakarta sebagai kerajaan dengan hak mengatur rumah tangga sendiri. Semua itu dinyatakan di dalam kontrak politik. Kontrak politik terakhir Kasultanan Yogyakarta tercantum dalam Staatsblad 1941, No. 47. Lalu, apa yang dimaksud dengan Perjanjian Giyanti? Perjanjian Giyanti adalah kesepakatan antara Belanda, pihak Mataram (diwakili oleh Sunan Pakubuwono III), dan kelompok Pangeran Mangkubumi. Dalam perjanjian ini, Kelompok Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I tidak dilibatkan.
Urutan peristiwa sejarah Tahap 10
Dikisahkan pula, dalam perjanjian ini, Pangeran Mangkubumi memutar haluan menyeberang dari mendukung kelompok pemberontak, dan bergabung dengan kelompok pemegang legitimasi kekuasaan yang memerangi pemberontak, yaitu Pangeran Sambernyawa. (Sindonews)
Reorientasi (dibuat sendiri)
Kasultanan Yogyakarta akhirnya berdiri setelah memisahkan diri dari Kerajaan Mataram melalui adanya Perjanjian Giyanti yang dimediasi oleh Belanda.
Ciri kebahasaan teks cerita sejarah
No
Jenis Kelompok Kata
Contoh Kalimat
1
Kelompok nomina modifikatif
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
2
Kelompok nomina koordinatif
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
3
Kelompok nomina apositif
Setelah Ki Ageng Pamanahan mangkat, Kerajaan Mataram dilanjutkan oleh puteranya, yakni Danang Sutawijaya.
4
Kelompok verba modifikatif
Sutawijaya akan menyerang Kerajaan Pajang karena ingin membebaskan Kerajaan Mataran dari dominasinya.
5
Kelompok verba koordinatif
Akhirnya Sultan Pajang mengetahui niat tersebut dan memutuskan menyerang Mataram pada 1587.
6
Kelompok verba apositif
Prajurit Kerajaan Pajang, bertarung dan melawan Sultan Sutawijaya dan pasukannya.
No
Nomina
Kata Dasar
Afiks pembentuk nomina
Contoh dalam kalimat
1
Kesultanan
Sultan
Konfiks ke-an
Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah menjadi dua; Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta
2
Bagian
Bagi
Sufiks –an
3
Kerajaan
Raja
Konfiks ke-an
4
Kesunanan
Sunan
Konfiks ke-an
5
Setelah
Telah
Prefiks se-
Sekitar satu bulan setelah Perjanjian Giyanti, Sri Sultan HB I yang pada saat itu tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang mendirikan sebuah keraton di pusat Kota Yogyakarta, yang kini menjadi pusat pemerintahan Kasultanan Yogyakarta.
6
Perjanjian
Janji
Konfiks pe-an
7
Keraton
Ratu
Konfiks ke-an
8
Pemerintahan
Perintah
Sufiks -an
Infiks –em-
(Kombinasi afiks)
Persamaan dan perbedaan teks cerita sejarah
Persamaan kedua teks cerita sejarah
1. Sama-sama mengisahkan sejarah tentang berdirinya sesuatu
2. Sama-sama  melibatkan tokoh elit setempat
3. Sekarang sama-sama menjadi tempat wisata
Perbedaan kedua teks cerita sejarah
No
Teks cerita sejarah 1
Teks cerita sejarah 2
1
Mengisahkan berdirinya suatu kerajaan
Mengisahkan berdirinya suatu menara
2
Terjadi di Indonesia
Terjadi di luar negeri
3
Bersifat tradisional
Bersifat modern

Wednesday, December 2, 2015

CONTOH DIALOG BAHASA JAWA

TATA KRAMA ING SEKOLAH
Nama : Dwi Hermawan dados Benjo
Dias Wahyu I dados Dias, Penjaga Kantin 1
Tika Widyaningrum dados Tika
Muhari Nindra I dados Muha
Reva Noor A dados Bu Reva
Vina Resqi N dados Bu Vina
Anggita Rahma A dados Bu Anggi
Dwiyanto dados Iyant, Penjaga Kantin 2
SCENE 1 (Tempat : Kelas)
Wonten ing salah sawijining dinten, wonten kelas XII Mia2
Muha :  Eh Njo kowe wes garap PR Basa Jawa durung?
Benjo :  Waduh durung e Muh, piye iki?
Tika : Alah piker gampang wae. Engko nek gurune mlebu awakedhewe metu wae. Nek ora    paling awakedewe y owes dikon metu karang ra nggarap hahaha…
Muha : Wah sip, ide bagus Tik.
Wonten  ing kelompok siswa sanes
Iyant : Eh Yas soal no 2 iki piye jawabane?
Dias : No 2? Oh kuwi gampang cek wae neng KBJ.
Iyant : Oh yowes nuwun.
Dias : Padha-padha Yan.
Dumadakan Bu Vina mlebet kelas.
Bu Vina : Assalamu’alaikum wr wb. Sugeng enjing para siswa.
Murid : Sugeng enjing Bu
Iyant : Kagem miwiti kagiatan pasinaon wonten ing dinten punika dedonga   kawiwitan….. Cekap!
Bu Vina : Nggih kala wingi materine dumugi tekan pundi?
Iyant : Dumugi bab kawruh Basa Jawa wonten KBJ Buk
Bu Vina : Oaaaalaah. Bu Guru kesupen. Wonten PR boten cah?
Dias : Wonten Buk
Muha : Weh ora ana yo
Dias : Weh ana wae yo kuwi jajal bukaken hal 23 KBJ
Bu Vina : Oooh Muha ketauan hayyo mesthi hurung nggarap kuwi
Muha : Yah ketauan
Bu Vina : Hayyo sapa wae sing durung nggarap PR ngaku wae!
(Muha, Benjo, kalih Tika ngacung kanthi isen)
Bu Vina : Yowes saiki Muha, Tika, karo Benjo nggarap PR nang njaba kelas saiki terus le ngumpul engko nek wes jam Ibuk wes rampung ya.
MBT : Nggih Buk
(MBT metu kelas kanthi lesu)
Bu Vina : Eh jan bocah-bocah telu kae kepiye to. Minggu wingi le mlebu telat eh saiki PR   e ora digarap. Astagfirullah. (Ngelus dhadha)
Dias : Sampun Buk mangga dipunlajengaken materinipun.
Bu Vina : Oh iya hehe

SCENE 2 (Tempat : Njaba Kelas)
Muha : Sip bener Tik, awakedewe bebas, metu haha
Tika : Bener to wkwk
Benjo : Tos sek bro wkwk (siswa telu mau banjur tos)
Tika : Eh mbangane awakedewe nggarap PR sek ribet nang kene mendhing awakedewe nang kantin wae. Hoo ra? Aku ngelih e mau kesusu njuk lali ra sarapan.
Benjo : Weh tapi engko piye nek awakedewe rung rampung le nggarap PR gegara nang kantin?
Muha : Apik juga si idene Tika. Alah santé wae Bu Vina ra tau ngamuk kok. Sante ja.
Tika : Oh yo ayo engko ndak sulak Pak Sugeng liwat.
(Siswa telu mau banjur cepet-cepet menyang kantin)

SCENE 3 (Tempat : Kantin)
Muha : Eh Mbak tuku sego kucing Mbak.
Tika : Eh Muh kowe ki kudu basa nek omong karo sek luweh tuwa.
Benjo : Hoo Muh mesakke Mbak e
Muha : Alah rapopo hare, wong ra kacek adoh banget kok umure.
Benjo : Ah yowes Muh sakkarepmu wae aku manut
Muha : Nah rakyo ngono
PK 1 : Uwes-uwes sida jajan ora cah?
Tika : Sida wae, uwes ayo gek do jajan pangan nang kene wae.
(Siswa telu mau banjur jajan lan nedo ten kantin)
Pas siswa telu mau podho mak’em
PK 2 : Weh kok do metu kelas e koyone ijeh jam pelajaran?
Tika : Oh hurung istirahat po? (Pura-pura ra genah)
PK 2 : Eh hoo koyone hurung istirahat to? Wong awakedewe mau we gek entas bukak kantin kok.
Benjo : Alah rasah ngurus Mbak, Mas. Dodol yo dodol wae istirahat po ora rak ra masalah to nggo kowe kabeh.
Tika : Intine nek ana wong tuku nang kantin iki, kowe kabeh rakyo do seneng to?
PK 2 : Oh hoo ding, yowes konoh
PK 1 : Sek penting awakedewe laris wae haha
Boten dangu-dangu sanget, Bu Anggi, guru kang paling cantik nang sekolah dugi Kantin banjur mlebet
Bu Anggi : Assalamualaikum Mbak, Mas
PK 12 : Wa alaikum salam Buk
PK 2 : Nembe dugi Buk?
Bu Anggi : Hoo e Mas, aku engko ijeh jam ke papat kok, dadi bar istirahat engko le ngajar nang kelas. Dadi santé wae nek aku teka jam semene hehe
PK 1 : Oalah ngoten to Buk. Mangga sugeng blanja ten Kantin niki.
Bu Anggi : Oh aku ora suwe-suwe kok neng kene, aku bungkus na wae sega balado limalas, aqua sek gede yo limalas, karo snack apa wae sek totale kabeh skeet ewu.
PK 2 : Nggih Buk, mangke kula anter wonten mejanipun Panjenengan
PK 1 : Kok tumben Buk, kathah sanget blanjanipun?
Bu Anggi : Hehe Alhamdulillah aku wes umur 25 taun Mbak
PK 2 : Oalah alhamduillah Buk, kula aturaken sugeng ambal warsa.
PK 1 : Mugi-mugi Ibuk sehat terus lan gangsar rejekinipin
Bu Anggi : Aamiin, matur nuwun yo
Krungu obrolan mau, MBT banjur nggodani Bu Anggi
Muha : Oh Ibuk guru cantik ku saiki ulang tahun Buk?
Tika : Weh hoop o Buk? Traktir dong!
Benjo : Bayarin jajanan kita ya Buk?
Bu Anggi banjur noleh.
Bu Anggi : Eh ana Muha dkk, weh kok ra masuk melu pelajaran?
Tika : Maaf Buk, laper e.
Bu Anggi : Lha mau ra sarapan po?
Tika : Lali Buk, kesusu.
(Bu Anggi mbatin : iki bocah kok omong ro aku do ora basa, ra masuk jam pelajaran, njalok traktir meneh. Duh sial. Astagfirullah)
Muha : Buk sida jajakke ora? Sida dong wong ulang tahun kok
Benjo : Hoo Buk, awakedewe ora akeh kok le jajan, wong telu iki meng enthek sepuluh ewu kok. Plis Buk!
Tika : Bayarke yo Buk, tinggal wae yo engko rakyo dibayari haha…
  Nuwun yo Buk, awakedewe sulak kesusu nggarap PR basa jawa e
(MBT langsung salim karo Bu Anggi terus mlayu metu seko Kantin)
Bu Anggi : Weh wehweh cah cah piye iki?
PK 2 : We we we bayar we cah!
Bu Anggi : Waduh iki piye Mbak?
PK 1 : Nggih nyuwun ngapunten nggih Buk, kapeksa arta skeet ewu wau kepotong sedasa ewu kagem mbayar jajane cah-cah mau nggih. Lha pripun maleh?
Bu Anggi : Oh yowes tak ikhlaske wae lah…. (PK 1,2 meng iso ngguyu)
SCENE 4 (Tempat : Ruang BK)
Bu Anggi mlebet Ruang BK
Bu Anggi : Assalamualaikum Buk
Bu Reva : Eh wonten Bu Anggi, Wa alaikumsalam mangga mlebet-mlebet Buk
Bu Anggi : Nggih matur nuwun Bu Reva
Bu Reva : Kok tumben Bu njenengan sanjan mriki?
Bu Anggi : Haha rak yo boten to wkwk, kula sanjan mriki yo namung ajeng rasan-rasan  babagan perkembangan kesopanan e para siswa Buk.
Bu Reva : Lha pripun Buk? Woten napa?
Bu Anggi : Aku kala wau ten kantin ketemu gank e Muharii (MBT) cah telu wau ki boten basa to pas lagi gineman karo aku? Jan aku rakyo ngrasa ora dihargai to. Kelewatan meneh cah telu mau pada metu jajan pas jam pelajaran.
Bu Reva : Waduh parah tenan niku Buk, cobi mangke kua cek sinten ingkang ngajar wonten kelas e cah telu mau.
(Bu Reva banjur ngecek jadwal KBM)
Bu Reva : Wah kepanggih Bu, iku wau kedahipun jamipun Bu Vina, guru Basa Jawa Buk
Bu Anggi : Weh hoo to? Loh kedahpin nggih niku dados tanggeljawabipun Bu Vina to? Sak sanesipun babagan jam pelajaran kang kedah mulang babagan unggah-ugguh rakyo BU VIna to?
Bu Reva : Pancen leres niku Bu, mangga kula sms Bu Vina supados mriki.
(Bu Reva banjur sms Bu Vina)
Boten let dangu, Bu Vina dugi ing Ruang BK
Bu Vina : Assalamualaikum Buk
Bu AR : Wa alaikumsalam wr wb, mangga mlebet Buk
Bu Vina : Nggih, wonten napa Buk, kulak kok dipun timbali mriki?
Bu Reva : Ngene Buk, wau Bu Anggi kepanggih Muha dkk wonten Kantin cah telu mau podo ora  basa kalih Bu Anggi.
Bu Vina : Eaaalah dalah, bocah telu mau ki malah neng kantin to pas tak kon metu karang ora nggrap PR. Astagfirullah.
Bu Reva : Lha niku Buk
Bu Vina : Iya kula sadar menawi babagan ungah-ungguh menika dados tanggeljawabku minangka guru Basa Jawa ananging pripun malih menika wau ngguh gumantung para siswanipune. Menawi kula sampun mulang saha nerangken, ananging menawi para siswa ora gelem ngleksanakaken nggih percuma niku Buk.
Bu Anggi : Nggih mangga masalah niki dipun penggalih sesarengan supados pikantuk solusi kang trep.
Bu Reva : Oh ngono to, Nggih sampun, mangga gank Muha, Benjo, lan Tika wau kula panggil wonten Ruang BK niki mawon mangke saged kita caosi pengajaran babagan tata krama saha saged dipundhawuhi damel surat pernyataan mawon.
Bu AV : Oh nggih-nggih niku mawon solusinipun.
(Bu Reva banjur medal lan madosi gank MBT mau lan ora let suwe Bu Reva mlebet malih kanthi diikuti MBT)
Bu Reva : Gek mlebu kene cah
MBT : Nggih Buk Maturnuwun
Bu Vina : Cah kowe kabeh ki kepiye? Ibuk rakyo wes tau ngandhani kowe kabeh to babagan tata krama ana ing sekolah to?
Tika : Weh weh Buk ana apa to? Kok teka-teka awakedewe diamuk?
Bu Reva : Cah iki mau Bu Anggi laporan lha kenapa mau pas nang Kantin omonge ora basa terrus pas kon nggarap PR nang ngarep kelas eh kowe kabeh malah do jajan nang  Kantin?
Benjo : Oh mau ngene Buk, kula sakanca mau pancen distrap nang njaba kelas, ananging Tika ngejak jajan amargi Tika ngelih mau hurung sarapan Buk
Muha : Lha kuwi Buk bener kejadiane
Tika : Lha rapopo to Buk
Bu Anggi : Pancen ora popo cah nanging kuwi rak yo nglanggar tata tertib sekolah karo tata krama ing sekolah ta.
Bu Vina : Lha kuwi cah rungokne. Kowe kabeh mau wes nglanggar tata krama lan tata tertib sekolah
Muha : Nggih sampun Buk, kula sakanca ngrumaosi sampun nindakake kalepatan kanthi nelar paugeran wau
Bu Reva : Yowes pokok e sesok meneh aja dibaleni. Sesok meneh ora oleh nglanggar aturan. Dadio bocah kang iso ngurmati wong tua kanthi sopan santun kang bener saha bebasa cah, lan ojo meneh-meneh kowe kabeh nglanggar tata tertib sekolah engko ndak wong tuamu kabeh tak panggil mrene yo
MBT : Nggih Buk,
Bu Anggi : Lha ngono to cah kowe-kowe kabeh rak iso belajar basa saka Bu Vina to. Seko saiki kowe kudu ngurmati Bu Vina karo nggarap kabeh PR e yo, mesakke Bu Vina wes usaha mulang kowe kabeh e.
Muha : Nggih Buk, kula sakanca nyuwun ngapunten nggih
(MBT banjur salaman karo Bu Vina)
Bu Reva : Yowes karang kowe kabeh wes ngrumaosi salah, lan janji ora mbaleni saiki kowe ora sida takkon gawe surat penyataan.
Tika : Ngiih maturnuwun Buk,
Bu Reva : Yowes kowe kabeh saiki isa balik nang kelas.
Benjo : Nggih  maturnuwun Buk
Bu Reva : Yo
(MBT banjur salaman karo Bu ARV)
MBT : Assalamuallaikum
Bu ARN : Wa alaikumsalam wr wb
Alhamdulillah. NB : Gerakan dan ekspresi bisa disesuaikan,apabila masih terdapat kekurangan mohon dimaafkan. Script ini juga masih usulan masih dapat berubbah.Satu lagi maaf bahasane campur-campur.